Sabtu, 18 Januari 2014

KLASIFIKASI KOMPUTER

KLASIFIKASI TEKNOLOGI KOMPUTER

BERDASARKAN PENGOLAHAN DATA

Berdasarkan input (masukan data atau sinyal) yang diolah, Teknologi Komputer dapat diklasifikasikan menjadi komputer analog, komputer digital, dan komputer hybrid. Hasil (ouput) yang dihasilkan dari ketiga type komputer ini pun berbeda, ada yang berup data analog, data digital, maupun kombinasi antar keduanya yaitu analog dan digital.

Adapun klasifikasi teknologi komputer berdasarkan pengolahan data adalah sebagai berikut:

Komputer Analog

Komputer Analog adalah istilah untuk alat penghitung yang bekerja dengan system analog dimana komponen elektronik yang digunakan sebagai inti dari computer jenis ini adalah "op-amp" (operational amplifier) yaitu mengolah data yang sifatnya berkelanjutan (continuously) bukan berupa angka, melainkan dalam bentuk fisik yaitu arus listrik, temperature, kecepatan, tekanan udara, arus listrik, gelombang udara, dan lain-lain.
Output dari komputer jenis ini adalah berupa pengaturan atau pengendalian suatu mesin dengan tampilan berbentuk grafik atau dial. Kelebihan dari komputer analog ini adalah pada kecepatan dalam menerima data dalam besaran fisik dan langsung mengolah data tersebut tanpa harus melalui proses konversi terlebih dahulu sehingga proses pengolahan data lebih cepat. Kekurangannya yaitu ketepatan output yag dihasilkan lebih rendah dari jenis komputer digital.
Contoh dari komputer analog ini yaitu Amperemeter, Voltmeter, Barometer, Termometer, EKG, maupun alat-alat pengendalian industry kimia, pembangkit listrik, penyulingan minyak, dan alat-alat industry lainnya.  

Komputer Digital              

Komputer Digital adalah jenis komputer yang digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif yaitu dalam bentuk angka, huruf, tanda baca, dan lain-lain. Cara kerja dari komputer jenis ini yaitu dengan melakukan konversi terlebih dahulu dari sinyal listrik menjadi bilangan biner terdiri dari bilangan 0 dan 1 (binary system). Pada prinsipnya, komputer ini hanya mengenal 2 jenis arus yaitu on (untuk bilangan 1) atau off (untuk bilangan 0). Kombinasi dari arus on atau off inilah yang mampu membuat komputer melakukan banyak hal, baik dalam mengenalkan huruf, gambar, suara, dan film-film secara digital.

Keistimewaan system digital yang tidak ditemukan pada teknologi analog yaitu:

1.Mampu mengirimkan informasi dengan kecepatan cahaya yang dapat membuat informasi dapat dikirim dengan kecepatan tinggi.
2. Penggunaan yang berulang-ulang terhadap informasi tidak memengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri,
3. Informasi dapat dengan mudah diproses dan dimodifikasi ke dalam berbagai bentuk,
4. Dapat memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimnya secara interaktif.
Keuntungan komputer digital ini yaitu tingkat ketepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan komputer analog, dapat menyimpan data, data melakukan operasi logika, dapat mengedit data, output yang dihasilkan dapat berupa angka, huruf, grafik, gambar, dan dapat melakukan perhitungan.
Contoh dari komputer jenis ini yaitu Laptop, computer, PC, tablet, dsb.  

Komputer Hybrid            

Komputer hybrid adalah komputer yang bekerja secara kualitatif dan kuantitatif karena merupakan kombinasi antara komputer analog dan komputer digital. Kegunaan komputer ini adalah  untuk pengolahan data yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif. Dengan kata lain, data kuantitatif yang diolah menghasilkan data kualitatifnya dan sebaliknya.
Komputer ini digunakan untuk aplikasi khusus yang biasanya dipakai pada robot-robot yang pakai sebagai pekerja dipabrik serta digunakan oleh berbagai rumah sakit yang digunakan untuk memeriksa keadaan tubuh dari pasien dan dapat mengeluarkan berbagai analisa yang disajikan dalam bentuk gambar, grafik ataupun tulisan tentang hasil analisa keadaan pasien tersebut.
Keuntungan komputer jenis ini lebih cepat dari komputer digital dan lebih tepat dari komputer analog.
Contoh sederhana komputer jenis ini yaitu facsimile.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar